PPL Unipdu Lintas Fakultas dan Prodi

By: Admin | Posted on: 2014-08-21 | Kunjungan : 662

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian inti kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru atau tenaga pendidik, baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan lainnya secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan profesi keguruan PPL merupakan muara dari seluruh program kependidikan.

   

PPL dapat disamakan dengan latihan kerja (job training) bagi calon pegawai atau staf perusahaan. Hakikat dari semua pelatihan tersebut adalah mempersiapkan calon pengemban tugas menjadi profesional dalam bidang yang ditekuninya nanti. Dipandang dari sudut kurikulum, PPL merupakan mata kuliah proses belajar mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL sengaja dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa PPL agar memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mereka menjadi guru mereka dapat tugas dan tanggung jawab secara profesional. Setiap langkah dalam komponen pelatihan tersebut mengacu pada teori yang telah dipelajari menuju kepada praktek pelaksanaan tugas, atau berdasarkan efektivitas dan ketetapannya dalam praktek.

   

Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang atau yang lebih dikenal dengan UNIPDU merupakan salah satu perguruan tinggi yang juga melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Pada tahun ajaran 2014 UPT PPL melaksanakan PPL lintas Program Studi dan Fakultas, tidak lagi untuk Program Studi PAI dan PGMI Fakultas Agama Islam tetapi juga untuk Program Studi Matematika dan Sains dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS).

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan PPL mahasiswa Unipdu mendapatkan pemahaman secara faktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.